Singgit, 21 November 2019 melaksanakan penyuluhan peran perempuan dalam keluarga di bidang pemberdayaan masyarakat sumber dana dari Dana Desa (DD) 2019. Penyuluhan ini di narasumberi dari Dinas Sosial KB PP dan PA yakni Ibu Win, Pak Pujito S.Sos (Sekcam).

Di dalam keluarga perempuan dapat berperan sebagai ibu, istri dan anak. Semua peran tersebut menuntut adanya tugas sesuai dengan perannya yang mana peran tersebut juga merupakan keistimewaan mereka.

a. Peran Perempuan Sebagai Ibu

Peran ibu sangat besar dalam mewujudkan kebahagiaan dan keutuhan keluarga. Sebagai ibu tugas perempuan yang utama ialah mendidik generasi-generasi baru.

b. Peran Perempuan Sebagai Istri

Perempuan sebagai istri memiliki peran yang sangat penting. Istri yang bijaksana dapat menjadikan rumah tangganya sebagai tempat yang paling aman dan menyenangkan bagi suami. Inilah peran yang seharusnya dilakukan bagi seorang perempuan. Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang perlu dilakukan perempuan, akan tetapi menjadi pendamping seorang pemimpin (pemimpin rumah tangga atau lainnya) yang dapat membantu, mengarahkan dan menenangkan adalah hal yang sangat mulia.

c. Peran Perempuan Sebagai Anak

Seorang anak perempuan sangat istimewa karena anak gadis yang masih perawan atau belum menikah sedang memikul tanggungjawab dan muru’ah (kehormatan) kedua ibu bapak walau kemana pun mereka pergi. Apapun yang dilakukan pasti akan menjadi perhatian orang sekeliling. Bahkan mereka juga mudah dijadikan bahan fitnah bagi mereka yang tidak tahu menjaga harga diri. Hal ini amat ketara dan bisa kita lihat pada anak gadis pada zaman modern. Kebanyakan mereka telah hilang rasa malu dan sopan serta kelembutan. Mereka bebas bergaul di kalangan kaum laki-laki dengan perbuatan yang menggairahkan dan berpakaian yang menampakkan aurat sehingga nampaklah lekuk-lekuk tubuhnya.

Semoga kelak, Allah perkenankan kita untuk melaksanakan peran sebagai perempuan dengan sebaik-baiknya, hingga mereka para bidadari merasa iri dan surga-pun merindukan kehadiran kita. Aamiin

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?