Pembangunan Septic Tank Desa Singgit, Kec. Bandung

Proyek pembangunan sanitasi berupa pembangunan septi tank massal di Desa Singgit Kecamatan Bandung masih sampai sekarang.

Dalam proses pembangunan septi tank ini, salah satu nilai pemberdayaan potensi lokal yang diangkat adalah memberdayakan masyarakat lokal dalam melaksanakan pembangunan septic tank tersebut. tentu saja hal ini memberikan manfaat bagi warga lokal yang dianggap memiliki kontribusi lapangan pekerjaan yang hanya sementara dengan bagian dari tim pekerja lapangan. Tidak hanya itu saja, sejak awal proyek ini dimulai, dari Dinas PU telah melibatkan kelompok swadaya masyarakat lokal yaitu KSM Resik Bersinar dalam pelaksanaannya.

Dengan adanya program ini diharapkan warga yang sebelumnya tidak memiliki toilet dan kamar mandi bisa mandi dan buang air besar di tempat yang telah disediakan. Maka secara tidak langsung proyek ini akan menjadikan wilayahnya menjadi bersih dan tidak kumuh serta masyarakatnya sehat.

“Sudah bagus, tinggal dirapikan terus di isi air untuk menguji kebocoran septic tank nya. Setelah itu siap ditutup” komentar Pak Gusti dari Dinas PU.

Proyek ini diperkirakan akan berakhir pada pertengahan bulan september dengan target 50 titik septic tank.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?